Minggu, 15 Juni 2008

SBY Didesak Copot Hendarman Supandji

[Okezone Dotcom] - Wakil ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Laode Ida mendesak Prisiden SBY mencopot Jaksa Agung Hendarman Supandji yang dinilai sudah tidak mampu memimpin jajaran kejaksaan untuk menegakkan hukum. Desakan ini berawal dari pemutaran rekaman percakapan antara Artalyta Suryani dengan Jaksa Agung Muda Perdata dan Tata Usaha Negara (Jampidum) Untung Udji Santoso di pengadilan Tipikor beberapa waktu lalu.

"Presiden SBY harus menggganti Hendarman, bukan hanya mengganti Hendarman tapi juga mengganti jarajan JAM dengan orang-orang yang mampu membenahi kejaksaan dan melakukan reformasi diinternal kejaksaan," ujarnya saat berbincang dengan okezone, Minggu (15/6/2008).

Menurutnya, pengangkatan Hendarman sebagai Jaksa Agung sebatas skenario untuk menutupi kebobrokan Kejaksaan Agung (Kejagung). "Selama ini hanya menggunakan kejujuran Hendarman untuk melindungi mafia-mafia kejakgung untuk melegalkan tindakan-tindakan korupsi di kejagung," tuturnya.

Selain itu, Presiden SBY juga diminta untuk segera melakukan perombakan internal kejaksaan dengan menempatkan orang-orang independen untuk mengawasi penegakan hukum dari tingkat bawah hingga di lingkungan Kejagung.

"Sudah saatnya SBY mengganti dengan orang-orang yang kredibel dan pemerintah memasang spionase yang ditempatkan di Kejagung sampai di kejaksaan negeri (kejari)," pungkasnya. (mik)